Bagaimana Cara Mengikat Pengunjung yang Datang ke Blog Anda?

Minggu, 20 Mei 2012

Bagaimana Cara Mengikat Pengunjung yang Datang ke Blog Anda?

Sebuah kunjungan artinya sangatlah penting bagi para pemilik blog. Sebagus apapun blog Anda, tidak akan ada artinya bila tidak ada kunjungan yang datang ke blog Anda. Nah ketika pengunjung datang, sudah pasti Anda ingin supaya mereka ingat dengan blog Anda dan tetap bersedia mampir. Untuk itulah kita perlu mengikat mereka.
Wahh… mengikat?
Mengikat yang bagaimana tuh.
Mengikat di sini maksudnya adalah menjaga supaya mereka tetap mau datang lagi ke blog kita. Makin banyak pengunjung yang bisa kita ikat maka makin besar pula komunitas pembaca blog kita. Nah di artikel kali ini saya akan berbagi tips untuk mengikat pengunjung yang sudah datang ke blog Anda.

1. Miliki Sebanyak Mungkin Konten yang Berkualitas

Konten adalah isi dari blog Anda. Miliki sebanyak mungkin konten (artikel) yang berkualitas. Berkualitas bukan hanya tidak copy paste, tetapi juga dibuat dengan maksimal, inovatif dan tidak membosankan. Untuk membuat konten yang bagus dan berkualitas kita harus berlatih setiap harinya. Jadi jangan menolak untuk terus memposting artikel setiap harinya. Dengan berlatih seperti itu, maka akan makin tinggi skill menulis yang kita miliki.
Nah supaya blog Anda dapat menciptakan kunjungan berulang, maka buatlah artikel berkualitas sebanyak mungkin. Terus berlatih maka Anda akan mendapatkannya :) .

2. Sediakan Fitur Berlangganan Artikel

Kotak berlangganan artikel adalah salah satu fitur yang harus tersedia di blog Anda. Usahakan kotak berlangganan artikel mudah ditemukan di blog Anda, sehingga ketika pengunjung suka dengan artikel-artikel yang ada di blog Anda, mereka akan dengan mudah mendaftarkan email mereka untuk berlangganan artikel di blog Anda.
Untuk menyediakan fitur semacam ini, Anda bisa memakai layanan dari feedburner :) . Jika ada yang bingung seputar cara menambahkan fitur berlanggagan artikel ini, silakan tinggalkan komentar di blog ini atau hubungi saya saja.

3. Halaman About

Untuk menjamin keaslian blog Anda, dan supaya pembaca bisa mengenal Anda lebih dekat, sediakanlah halaman about. Di halaman tersebut Anda bisa menampilkan profil Anda, buatlah Anda dikenal, siapa tahu dengan banyak prestasi dan kelebihan dari Anda maupun blog Anda, mungkin saja nantinya Anda akan dapet job, seperti mengisi seminar, workshop, menulis buku, masuk majalah dan lain sebagainya.
Dengan adanya halaman about, pembaca bisa kenal dengan Anda. Alhasil mereka lebih percaya dan nyaman untuk berlangganan artikel blog Anda.

4. Turuti Keinginan Pembaca

Pembeli adalah raja, maka dalam dunia blog Pembaca adalah yang dilayani oleh raja. Kenapa saya bilang yang dilayani? Sebab pembaca bukanlah raja dari blog kita. Kitalah raja dari blog kita, untuk itu saya ganti menjadi yang dilayani.
Sesakali Anda bisa menanyakan apa keinginan dari para pembaca, misalnya sekarang lagi trend Angry Birds, mungkin saja blog Anda membahas seputar komputer atau teknologi maka Anda bisa mengupas tema yang sedang trend. Mungkin saja pembaca Anda menemui kesulitan memainkan game tersebut, maka Anda bisa share tutorialnya dan itu akan membuat hubungan dengan pembaca blog Anda menjadi lebih klop dan dekat.
Nah itulah 4 tips untuk mengikat pengunjung blog Anda,  setelah semua tips di atas Anda jalankan maka yang penting adalah mendatangkan kunjungan ke blog Anda. Pembahasan seputar rahasia sukses dan panduan mendatangkan kunjungan ke blog Anda bisa dibaca di artikel ini.
Baiklah, semoga 4 tips yang sudah saya share bisa bermanfaat. Mudah-mudahan blog sobat sekalian makin jaya :)
Keep spirit
Salam Super.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini